Selasa, 15 Desember 2015

PROPOSAL DANA BERGULIR BISNIS dan KEWIRAUSAHAAN


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas Rahmat & Karunia-Nya kami dapat menyelesaikan proposal dana bergulir . Dana bergulir ini di berikan kepada mahasiswa Gunadarma agar dapat memberikan kreatifitas tinggi untuk menjadi entrepreneur yang sukses.
Proposal dana bergulir ini kami buat sebagai bukti kami telah mengikuti kegiatan kursus entrepreneur yang di laksanakan oleh Universitas Gunadarma yang di laksanakan pada tanggal 7 agustus – 11 Agustus 2015.
Kami banyak berterima kasih kepada pihak yang membantu dalam penyelesaian proposal  kami, karena proposal kami masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami membutuhkan kritik dan saran agar kami menjadi  lebih baik lagi .


                             Depok, 7 September 2015


                                                                                  

Penyusun




DAFTAR ISI

Kata Pengantar..........................................................................................................................1
Daftar Isi ....................................................................................................................................2

Bab I Pendahuluan
1.1  Latar Belakang Perusahaan ........................................................................................3 
1.2  Visi,Misi & Motto ......................................................................................................3
1.3  Data Perusahan .................................................................................. ........................4
1.4  Data Karyawan ................................................. .........................................................5

Bab II Analisa Pasar dan Pemasaran
            2.1 Produk Pasar & Pemasaran .................................................................................... 6
            2.2 Analisis 4P ..............................................................................................................7  
            2.3 Analisa SWOT  .......................................................................................................8 
            2.4 Segmentasi Pasar......................................................................................................9
Bab III Analis SDM
      3.1 Struktur Organisasi..................................................................................................10
      3.2. Analisis Kompetensi SDM.................................................................................... 11
Bab IV Keuangan
4.1 Modal Usaha ......... ...............................................................................................12
4.2  Laporan Laba Rugi............................................................................................... 28
4.3 Laporan Perubahan Moda......................................................................................31
4.4 Laporan Arus Kas...................................................................................................33
4.5 Laporan Neraca......................................................................................................39




Bab 1
Pendahuluan
1.1  Latar Belakang

         Perkembangan bisnis makanan di Indonesia saat ini sangatlah menguntungkan hal ini yang mendorong  kami untuk ikut terjun meramaikan pasar .Dengan menjual produk yang sekarang banyak diminati masyarakat Indonesia yaitu “Donat” yang coba kami inovasikan berbagai variant rasa topping  berbeda dari donat original yang biasa di jual sekitar kampus. Dikalangan masyarakat Indonesia donat original biasanya diberi coklat mesis diatasnya. Kami akan mencoba menginovasi donat dengan 2 variant topping yaitu Vanilla dan Strawberry.

1.2  Visi,Misi & Motto

Visi
·         Menjadikan Let’s Chew sebagai perusahaan yang memproduksi donat berkualitas unggul dengan harga terjangkau.
     Misi
·         Memperkenalkan produk kami kepada masyarakat sekitar.
·         Berkomitmen untuk memproduksi produk dengan baik.
·         Memberikan harga produk yang terjangkau.

    Motto
  Nge-Donat ? Why not


1.3  Data Perusahaan

Nama Perusahaan              : Let’s Chew
Bidang Usaha                   : Kuliner
Jenis Produk                      : Donat
Alamat Perusahaan           : Jalan Margonda Raya No 100 . Pondok Cina , Depok ,Jawa Barat
Web,Twitter, Fb                : www.letschew.co.id
Tahun Berdiri                    : 2015

1.4  Data Karyawan

Nama                                 : Muhammad Ramadhan
Tempat tanggal lahir         : Jakarta, 10 Januari 1997
Alamat                              : Jalan M.Taufiq No 51 Rt 010/011 Ciracas ,Jakarta Timur
Status                                : Pelajar
No telp                              : 0878-8586-8786
Jabatan                              : CEO

Nama                                 : Putri Nita
Tempat tanggal lahir         : Bogor, 10 April 1996
Alamat                              : Kp. Kebon Kopi No 47 Rt 03/09 Citeurep, Bogor
Status                                : Pelajar
No telp                              : 08171590335
Jabatan                              : Manajer Produksi

Nama                                 : Merlin Yunita
Tempat tanggal lahir         : Jakarta, 4 Maret 1997
Alamat                              :  Jalan Anggrek Bulan 3 No 16 Rt 07/02 Bogor 
Status                                :  Pelajar
No telp                              : 089631469288
Jabatan                              : Manajer Pemasaran

Nama                                 : Anisa Putri Utami
Tempat tanggal lahir         : Jakarta, 7 Maret 1996
Alamat                              : GDC Depok, Cluster Aster B-10
Status                                : Pelajar
No telp                              : 089698539293
Jabatan                              : Manajer Keuangan


Bab 2
Analisi Pasar dan Pemasaran

2.1 . Produk Pasar & Pemasaran
        Produk Pasar :
Alasan kami menjual donat kepada masyarakat Indonesia yang sedang gemar mengkonsumsi makan bernuansa budaya Barat , oleh sebab itu kami memutuskan untuk memproduksi donat yang banyak diminati masyarakat luas saat ini.
Bahan Baku
Bahan A
  • Kuning telur ayam
  • Mentega
      Bahan B (Aduk rata)
  • Tepung terigu
  • Fermipan
  • Susu bubuk full cream
  • Gula pasir
      Bahan Hiasan
  • Saus Vanilla/Strawberry
Cara Membuat
  1. Tempatkan bahan B kedalam wadah.
  2. Tuangkan kuning telur yang sudah dikocok rata kemudian aduk hingga rata.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil uleni hingga adonan benar-benar menjadi kalis.
  4. Masukkan mentega, uleni kembali hingga kalis.
  5. Bentuk adonan menjadi bulat dan diamkan selama 30 menit.
  6. Kemudian bulatkan bentuknya setiap adonan, tusuk bagian tengahnya dengan menggunakan jari telunjuk sambil putar hingga berlubang. Atau bisa menggunakan sumpit untuk melubangi.
  7. Diamkan selama 15 menit Resep Donut Empuk Ala Dunkin Donut
  8. Tuangkan minyak dalam jumlah besar dan panaskan minyak di atas api sedang. Goreng donat hingga mengapung dan kering berwarna Kuning Keemasan. Angkat dan sisihkan.
  9. Hias dengan saus coklat vanilla dan strawberry.
Cara Memasarkan:
Kami memasarkan produk kami dengan cara Direct Marketing dan melalui media sosial , karena menurut kami dengan kedua cara tersebut dapat menghemat waktu dan biaya untuk promosi produk kami.
2.2 4P(Product,Price,Place,Promotion)
  a. Produk
ü  Nama Produk             : Donat
ü  Varian                                     : Coklat Kacang & telur
ü  Merk                            : Lets’ Chew
ü  Kualitas                       : Memakai bahan yang berkualitas & halal.
ü  Kemasan                     : Mika
ü  Bentuk & ukuran        : Bulat
b.     Price
ü  Price list Donat Vanilla                                                                       : Rp. 5000,-/pcs
ü  Price list Donat Strawberry                                                                : Rp. 5000,-/pcs
c.     Promotion
ü  Personal selling           :  face to face
ü  Advertisement  : Melalui media social seperti Twitter, BBM, Facebook, Instagram, Path & via SMS
d.    Place
     Location                      : Universitas Gunadarma Depok & lingkungan sekitar kampus.


2.3 Analisis SWOT & TOWS
SWOT
Strenghts               : Harga yang terjangkau
                                Berbagai macam rasa Topping
Weaknesses           : Bahan baku mahal
                                Tidak tahan lama
Opportunities        : Banyak diminati masyarakat
Treath                    : Adanya competitor perusahaan besar
                               
TOWS

S
W
O
SO
·         Memperluas penjualan
·         Meningkatkan kualitas produk
WO
·         Membuat sesuai dengan pesanan
·         Menyesuaikan kualitas dengan
harga produk
T
ST
·         Menghadirkan rasa beda dari yang biasa di jual di kampus


WT
·         Mencari supplier tetap
·         Meningkatkan kualitas bahan baku

2.4 Segmentasi Pasar
  1. Geografi
            Kawasan yang di jadikan target adalah area kampus Gunadarma dan lingkungan disekitar kampus tersebut.
  1. Demografi
Konsumen yang di tuju dari produk martabak enyoy adalah semua usia, kalangan tua, muda, pria maupun wanita.
  1. Psikografi
Kami mengambil contoh dari Status social yaitu semua  orang yang ada di kampus (Dosen, mahasiswa/i, OB & satpam) bisa menikmati

Bab 3
Analisis SDM

3.1 Struktur Organisasi




 3.2. Analisis Kompetensi SDM
        
Tingkat Pendidikan
Jumlah
Sekolah Dasar
0
Sekolah Menengah Pertama
0
Sekolah Menengah Atas
4



Keunggulan dan kompetensi SDM :
a.       CEO
Jabatan tertinggi di suatu perusahaan dan mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan perusahaan
b.      MARKETING MANAGER
Mampu memperkenalkan , mempromosikan, suatu barang/jasa dari  perusahaan untuk diperkenalkan kekonsumen melalui secara langsung, media masa/media cetak
c.       PRODUCTION MANAGER
Mampu menciptakan ide-ide creative untuk menciptakan suatu barang/jasa , supaya konsumen dapat menyukai produck dari perusahaan tersebut
d.      FINANCIAL MANAGER
Mencatat dan mengontrol semua transaksi atau kejadian yang terjadi didalam perusaan

 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar