KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas Rahmat & Karunia-Nya kami dapat menyelesaikan proposal dana bergulir . Dana bergulir ini di berikan kepada
mahasiswa Gunadarma agar dapat memberikan kreatifitas
tinggi untuk menjadi entrepreneur yang sukses.
Proposal dana bergulir ini kami buat sebagai bukti kami telah mengikuti
kegiatan kursus entrepreneur yang di laksanakan oleh Universitas Gunadarma yang di laksanakan pada tanggal 7 agustus – 11 Agustus 2015.
Kami banyak berterima kasih kepada pihak yang membantu dalam
penyelesaian proposal kami, karena
proposal kami masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami membutuhkan
kritik dan saran agar kami menjadi
lebih baik lagi .
Depok, 7 September 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar..........................................................................................................................1
Daftar Isi ....................................................................................................................................2
Bab I
Pendahuluan
1.1
Latar
Belakang Perusahaan
........................................................................................3
1.2
Visi,Misi & Motto ......................................................................................................3
1.3
Data Perusahan
..................................................................................
........................4
1.4
Data Karyawan
................................................. .........................................................5
Bab II
Analisa Pasar dan Pemasaran
2.1
Produk Pasar
& Pemasaran ....................................................................................
6
2.2 Analisis 4P
..............................................................................................................7
2.3 Analisa SWOT .......................................................................................................8
2.4 Segmentasi Pasar......................................................................................................9
Bab III
Analis SDM
3.1 Struktur Organisasi..................................................................................................10
3.2. Analisis Kompetensi SDM....................................................................................
11
Bab IV
Keuangan
4.1
Modal Usaha ......... ...............................................................................................12
4.2 Laporan Laba
Rugi...............................................................................................
28
4.3 Laporan Perubahan Moda......................................................................................31
4.4 Laporan Arus Kas...................................................................................................33
4.5 Laporan Neraca......................................................................................................39
Bab
1
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Perkembangan bisnis makanan di Indonesia saat ini sangatlah
menguntungkan hal ini yang mendorong
kami untuk ikut terjun meramaikan pasar .Dengan menjual produk yang sekarang
banyak diminati masyarakat Indonesia yaitu “Donat” yang coba kami inovasikan berbagai
variant rasa topping berbeda dari donat original yang biasa di jual
sekitar kampus. Dikalangan masyarakat Indonesia donat original biasanya diberi
coklat mesis diatasnya. Kami akan mencoba menginovasi donat dengan 2 variant topping yaitu Vanilla dan Strawberry.
1.2
Visi,Misi & Motto
Visi
·
Menjadikan Let’s
Chew sebagai perusahaan yang memproduksi donat berkualitas unggul dengan harga
terjangkau.
Misi
·
Memperkenalkan
produk kami kepada masyarakat sekitar.
·
Berkomitmen
untuk memproduksi produk dengan baik.
·
Memberikan harga
produk yang terjangkau.
Motto
“ Nge-Donat ? Why not ”
1.3
Data Perusahaan
Nama Perusahaan :
Let’s Chew
Bidang Usaha :
Kuliner
Jenis Produk :
Donat
Alamat Perusahaan :
Jalan Margonda Raya No 100 . Pondok Cina , Depok ,Jawa Barat
Web,Twitter, Fb :
www.letschew.co.id
Tahun Berdiri :
2015
1.4
Data Karyawan
Nama :
Muhammad Ramadhan
Tempat tanggal lahir :
Jakarta, 10 Januari 1997
Alamat :
Jalan M.Taufiq No 51 Rt 010/011 Ciracas ,Jakarta Timur
Status : Pelajar
No telp :
0878-8586-8786
Jabatan :
CEO
Nama :
Putri Nita
Tempat tanggal lahir :
Bogor, 10 April 1996
Alamat :
Kp. Kebon Kopi No 47 Rt 03/09 Citeurep, Bogor
Status :
Pelajar
No telp :
08171590335
Jabatan :
Manajer Produksi
Nama : Merlin Yunita
Tempat tanggal lahir :
Jakarta, 4 Maret 1997
Alamat : Jalan Anggrek Bulan 3 No 16 Rt 07/02
Bogor
Status : Pelajar
No telp :
089631469288
Jabatan :
Manajer Pemasaran
Nama :
Anisa Putri Utami
Tempat tanggal lahir :
Jakarta, 7 Maret 1996
Alamat :
GDC Depok, Cluster Aster B-10
Status :
Pelajar
No telp :
089698539293
Jabatan :
Manajer Keuangan
Bab 2
Analisi Pasar dan Pemasaran
2.1 . Produk Pasar & Pemasaran
Produk Pasar :
Alasan kami menjual donat kepada masyarakat
Indonesia yang sedang gemar mengkonsumsi makan bernuansa budaya Barat , oleh
sebab itu kami memutuskan untuk memproduksi donat yang banyak diminati
masyarakat luas saat ini.
Bahan Baku
Bahan A
- Kuning telur ayam
- Mentega
Bahan B (Aduk rata)
- Tepung terigu
- Fermipan
- Susu bubuk full cream
- Gula pasir
Bahan Hiasan
- Saus Vanilla/Strawberry
Cara Membuat
- Tempatkan bahan B kedalam wadah.
- Tuangkan kuning telur yang sudah dikocok rata kemudian aduk hingga rata.
- Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil uleni hingga adonan benar-benar menjadi kalis.
- Masukkan mentega, uleni kembali hingga kalis.
- Bentuk adonan menjadi bulat dan diamkan selama 30 menit.
- Kemudian bulatkan bentuknya setiap adonan, tusuk bagian tengahnya dengan menggunakan jari telunjuk sambil putar hingga berlubang. Atau bisa menggunakan sumpit untuk melubangi.
- Diamkan selama 15 menit
- Tuangkan minyak dalam jumlah besar dan panaskan minyak di atas api sedang. Goreng donat hingga mengapung dan kering berwarna Kuning Keemasan. Angkat dan sisihkan.
- Hias dengan saus coklat vanilla dan strawberry.
Cara Memasarkan:
Kami memasarkan produk kami dengan cara Direct Marketing dan melalui media
sosial , karena menurut kami dengan kedua cara tersebut dapat menghemat waktu
dan biaya untuk promosi produk kami.
2.2 4P(Product,Price,Place,Promotion)
a. Produk
ü
Nama Produk : Donat
ü
Varian : Coklat Kacang & telur
ü
Merk : Lets’ Chew
ü
Kualitas : Memakai bahan yang berkualitas & halal.
ü
Kemasan : Mika
ü
Bentuk & ukuran
: Bulat
b.
Price
ü
Price list Donat Vanilla
: Rp. 5000,-/pcs
ü
Price list Donat Strawberry :
Rp. 5000,-/pcs
c. Promotion
ü Personal selling
: face to
face
ü Advertisement : Melalui media social seperti Twitter, BBM,
Facebook, Instagram, Path & via SMS
d. Place
Location :
Universitas Gunadarma Depok & lingkungan sekitar kampus.
2.3 Analisis
SWOT & TOWS
SWOT
Strenghts : Harga yang terjangkau
Berbagai macam
rasa Topping
Weaknesses : Bahan baku mahal
Tidak tahan lama
Opportunities : Banyak diminati masyarakat
Treath : Adanya competitor
perusahaan besar
TOWS
S
|
W
|
|
O
|
SO
·
Memperluas
penjualan
·
Meningkatkan
kualitas produk
|
WO
·
Membuat sesuai
dengan pesanan
·
Menyesuaikan
kualitas dengan
harga produk
|
T
|
ST
·
Menghadirkan
rasa beda dari yang biasa di jual di kampus
|
WT
·
Mencari
supplier tetap
·
Meningkatkan
kualitas bahan baku
|
2.4 Segmentasi
Pasar
- Geografi
Kawasan
yang di jadikan target adalah area kampus Gunadarma dan lingkungan disekitar
kampus tersebut.
- Demografi
Konsumen yang di tuju dari produk martabak enyoy
adalah semua usia, kalangan tua, muda, pria maupun wanita.
- Psikografi
Kami mengambil contoh dari Status social yaitu
semua orang yang ada di kampus (Dosen,
mahasiswa/i, OB & satpam) bisa menikmati
Bab 3
Analisis SDM
3.1 Struktur Organisasi
Tingkat
Pendidikan
|
Jumlah
|
Sekolah
Dasar
|
0
|
Sekolah
Menengah Pertama
|
0
|
Sekolah
Menengah Atas
|
4
|
Keunggulan dan
kompetensi SDM :
a.
CEO
Jabatan tertinggi di suatu perusahaan dan
mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk
kestabilan perusahaan
b.
MARKETING MANAGER
Mampu memperkenalkan , mempromosikan, suatu
barang/jasa dari perusahaan untuk
diperkenalkan kekonsumen melalui secara langsung, media masa/media cetak
c.
PRODUCTION MANAGER
Mampu menciptakan ide-ide creative untuk
menciptakan suatu barang/jasa , supaya konsumen dapat menyukai produck dari
perusahaan tersebut
d.
FINANCIAL MANAGER
Mencatat dan mengontrol semua transaksi
atau kejadian yang terjadi didalam perusaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar